Standar Profesi ACM dan IEEE
ACM
ACM(Association
for Computing Machinery) atau Asosiasi untuk Permesinan Komputer adalah sebuah
serikat ilmiah dan pendidikan computer pertama didunia yang didirikan pada
tahun 1947 ACM telah menciptakan sebuah perpustakaan digital dimana ia telah
membuat seluruh publikasi yang tersedia .ACM perpustakaan digital merupakan
koleksi terbesar didunia informasi mengenai mesin komputasi dan berisi arsip
jurnal ,majalah ,prosiding konferensi online,danisu-isu terkini ACM publikasi.
Layanan online termasuk forum yang disebut Ubiquity dan TechNews mencerna,baik
yang berisi informasi terbaru tentang dunia IT. ACM diatur menjadi 170
bagian atau chapter lokal dan 34 grup minat khusus (special interest group,
SIG), di mana mereka melakukan kebanyakan kegiatan mereka. Banyak dari SIG,
seperti SIGGRAPH, SIGPLAN dan SIGCOMM, mensponsori konferensi teratur yang
menjadi terkenal sebagai acara utama untuk memperkenalkan inovasi baru dalam
bidang tertentu. SIG juga menerbitkan sejumlah jurnal khusus, majalan, dan
surat berita.
ACM
juga mensponsori acara yang berhubungan dengan ilmu komputer seperti ACM
International Collegiate Programming Contest (ICPC) yang mendunia, dan telah
mensponsori beberapa acara lainnya, seperti pertandingan catur antara Garry
Kasparov dan komputer IBM Deep Blue. ACM telah menciptakan suatu perpustakaan
digital di mana ia telah membuat semua publikasi yang tersedia. perpustakaan
digital ACM adalah koleksi terbesar di dunia informasi tentang komputasi mesin
dan berisi arsip jurnal, majalah, konferensi online proses, dan isu terbaru
publikasi ACM’s. Layanan online termasuk forum yang disebut Ubiquity dan Tech
News mencerna, baik yang berisi informasi terbaru tentang dunia IT. Pesaing
utama ACM adalah IEEE Computer Society. Sulit untuk generalisasi akurat tentang
perbedaan antara keduanya, tetapi ACM berfokus pada ilmu komputer teoritis dan
aplikasi pengguna akhir sementara IEEE lebih memfokuskan diri pada perangkat
keras dan masalah standardisasi. Cara lain untuk negara tumpul perbedaan adalah
bahwa ACM adalah untuk ilmuwan komputer dan IEEE adalah untuk insinyur listrik,
meskipun subkelompok terbesar adalah perusahaan IEEE Computer Society. Tentu
saja, ada yang signifikan tumpang tindih antara kedua organisasi, dan mereka
kadang-kadang bekerjasama dalam proyek-proyek seperti pengembangan kurikulum
ilmu komputer.
ACM
diatur menjadi 170 bagian lokal dan 34 SIG atau grup minat khusus (special
interest groups), SIGs melakukan banyak kegiatan, seperti SIGGRAPH, SIGPLAN dan
SIGCOMM, mensponsori konferensi teratur yang menjadi terkenal sebagai acara
utama untuk memperkenalkan inovasi baru dalam bidang tertentu. SIG juga
menerbitkan sejumlah jurnal khusus, majalan, dan surat berita.
SIGs
merupakan Kelompok Minat Khusus ACM Mewakili hampir setiap wilayah utama dari
komputasi, menawarkan kekayaan konferensi, publikasi, dan kegiatan pada skala
lokal –global. SIGs sendiri terdiri dari beberapa kelompok atau bagian, antara
lain :
SIGACCESS
Kelompok Khusus ACM akses computing yang bertujuan untuk mempromosikan kepentingan profesional komputasi personil dengan cacat fisik dan penerapan komputasi dan teknologi informasi dalam memecahkan masalah cacat yang relevan. SIGACCESS juga berusaha untuk mendidik masyarakat untuk mendukung karir bagi penyandang cacat.
Kelompok Khusus ACM akses computing yang bertujuan untuk mempromosikan kepentingan profesional komputasi personil dengan cacat fisik dan penerapan komputasi dan teknologi informasi dalam memecahkan masalah cacat yang relevan. SIGACCESS juga berusaha untuk mendidik masyarakat untuk mendukung karir bagi penyandang cacat.
SIGACT
Kelompok Khusus Algoritma dan Teori Komputasi adalah sebuah organisasi internasional yang mendorong dan mempromosikan penemuan dan penyebaran berkualitas tinggi, penelitian dalam ilmu komputer teoritis (TCS), analisis formal perhitungan yang efisien dan proses komputasi. TCS mencakup berbagai topik termasuk algoritma, struktur data, kompleksitas komputasi, komputasi paralel dan terdistribusi, perhitungan probabilistik, perhitungan kuantum, teori automata, teori informasi, kriptografi, semantik program dan verifikasi, pembelajaran mesin, biologi komputasi, ekonomi komputasi, komputasi geometri, dan nomor teori komputasi dan aljabar.
Kelompok Khusus Algoritma dan Teori Komputasi adalah sebuah organisasi internasional yang mendorong dan mempromosikan penemuan dan penyebaran berkualitas tinggi, penelitian dalam ilmu komputer teoritis (TCS), analisis formal perhitungan yang efisien dan proses komputasi. TCS mencakup berbagai topik termasuk algoritma, struktur data, kompleksitas komputasi, komputasi paralel dan terdistribusi, perhitungan probabilistik, perhitungan kuantum, teori automata, teori informasi, kriptografi, semantik program dan verifikasi, pembelajaran mesin, biologi komputasi, ekonomi komputasi, komputasi geometri, dan nomor teori komputasi dan aljabar.
SIGAda
Kelompok
Khusus yang bergelut dan menekuni tentang Bahasa Pemrograman Ada, menyediakan
forum pada semua aspek dari bahasa Ada dan teknologi, termasuk penggunaan,
pendidikan, standardisasi, metode desain, dan implementasi kompiler. Teknologi
pendukung yang berfokus pada SIGAda termasuk rekayasa perangkat lunak, proses
pengembangan perangkat lunak, teknologi objek, komputer bidang pendidikan
sains, alat, Obyek Permintaan Arsitektur Umum Broker (CORBA), dan Java.
SIGAPP
Kelompok
Khusus Komputasi Terapan, menawarkan praktisi dan peneliti kesempatan untuk
berbagi kepentingan bersama dalam aplikasi yang inovatif, transfer teknologi,
komputasi eksperimental, penelitian strategis, dan pengelolaan komputasi. SIG
ini juga mempromosikan kerjasama luas di kalangan bisnis, pemerintah, dan
program komputasi akademis.
SIGART
SIGART
adalah kelompok minat khusus Kecerdasan Buatan, terdiri dari studi intelijen
dan realisasi dalam sistem komputer. Misi SIGART adalah untuk mempromosikan dan
mendukung AI yang terkait konferensi.
ACM
telah menciptakan sebuah perpustakaan digital dimana membuat banyak publikasi
yang tersedia. perpustakaan digital ACM adalah koleksi terbesar di dunia
informasi tentang mesin komputasi dan berisi arsip jurnal, majalah, prosiding
konferensi online, dan isu-isu terkini publikasi ACM. online termasuk forum
yang disebut Ubiquity dan Tech News yang berisi informasi terbaru tentang dunia
IT. ACM juga mensponsori acara yang berhubungan dengan ilmu komputer seperti
ACM International Collegiate Programming Contest (ICPC) yang mendunia, dan
telah mensponsori beberapa acara lainnya, seperti pertandingan catur antara
Garry Kasparovdan komputer IBM Deep Blue.
Pesaing
utama ACM adalah IEEE Computer Society . Sulit untuk generalisasi akurat
tentang perbedaan antara keduanya, tetapi ACM berfokus pada teori ilmu komputer
dan aplikasi pengguna akhir sementara IEEE lebih memfokuskan pada perangkat
keras dan masalah standardisasi. berikut ini adalah kurikulum ilmu komputer
tahun 2010 standar ACM, antara lain :
- Computer Engeneers ( Teknik Komputer ). Teknik komputer (CE) siswa mempelajari desain hardware digital dan perangkat lunak termasuk sistem komunikasi, sistem dan perangkat komputer. Bagi mereka, program ini difokuskan pada perangkat digital dan antarmuka dengan pengguna dan perangkat lainnya. Suatu daerah penting dalam komputasi rekayasa adalah pengembangan embedded system. Perangkat seperti ponsel, pemutar audio digital, perekam video digital, sistem alarm, mesin sinar-x, dan alat-alat bedah laser yang semua memerlukan integrasi hardware dan perangkat lunak tertanam, dan semua hasil rekayasa komputer.
- Computer Saints ( Ilmu Komputer ).mencakup kisaran dari teori melalui pemrograman untuk memotong-tepi pengembangan solusi komputasi. Ilmu komputer menawarkan landasan yang memungkinkan lulusan untuk beradaptasi dengan teknologi baru dan ide-ide baru. Karya ilmuwan komputer jatuh ke dalam tiga kategori: merancang dan membangun perangkat lunakmengembangkan cara-cara efektif untuk memecahkan masalah komputasi, seperti menyimpan informasi dalam database, pengiriman data melalui jaringan atau menyediakan pendekatan baru untuk masalah keamanan; dan menyusun baru dan lebih baik cara menggunakan komputer dan mengatasi tantangan khusus di bidang-bidang seperti robotika, visi komputer, atau forensik digital (meskipun ini spesialisasi tidak tersedia di semua program ilmu komputer).
Kebanyakan
program komputer ilmu memerlukan beberapa latar belakang matematika, untuk itu
kita perlu mempertimbangkan apa yang terlibat dalam jalur karier di daerah
masing-masing, antara lain :
Karir
jalur 1 : merancang dan mengimplementasikan perangkat lunak.
Hal ini mengacu pada karya pengembangan perangkat lunak yang telah
berkembang untuk memasukkan aspek pengembangan web, desain interface,
masalah keamanan, komputasi mobile, dan sebagainya. Ini adalah jalan karir
yang mayoritas lulusan ilmu komputer ikuti. Sementara gelar sarjana
umumnya cukup untuk masuk ke jenis karir, profesional banyak perangkat
lunak kembali ke sekolah untuk mendapatkan gelar master terminal. (Jarang
adalah doktor yang terlibat.) Peluang karir terjadi dalam berbagai macam
pengaturan termasuk perusahaan perangkat lunak besar atau kecil, layanan
komputer besar atau kecil perusahaan, dan organisasi besar dari semua
jenis (industri, pemerintah, perbankan, kesehatan, dll). Program gelar
dalam rekayasa perangkat lunak juga mendidik siswa untuk jalur karier.
Jalur
Karir 2: Merancang cara-cara baru untuk menggunakan komputer. Hal
ini mengacu pada inovasi dalam penerapan teknologi komputer. Sebuah jalur
karir di bidang ini dapat melibatkan pekerjaan lulusan maju, diikuti
dengan posisi di sebuah universitas riset atau penelitian industri dan
laboratorium pengembangan, yang dapat melibatkan aktivitas kewirausahaan
seperti ini terlihat selama booming dot-com pada tahun 1990-an, atau dapat
melibatkan kombinasi dari keduanya.
Jalur
Karir 3: Mengembangkan cara-cara efektif untuk memecahkan masalah
komputasi. Hal ini mengacu pada aplikasi atau perkembangan teori ilmu
komputer dan pengetahuan tentang algoritma untuk memastikan solusi terbaik
untuk masalah komputasi intensif. Sebagai masalah praktis, jalur karir
dalam pengembangan teori ilmu komputer baru biasanya membutuhkan kerja
lulusan untuk Ph.D. tingkat, diikuti oleh posisi di sebuah universitas
riset atau penelitian industri dan pengembangan laboratorium.
Jalur
Karir 4: Perencanaan dan pengelolaan infrastruktur teknologi
organisasi. Ini adalah jenis pekerjaan yang teknologi informasi yang baru
(TI) program eksplisit bertujuan untuk mendidik siswa.
Karir
jalur 2 dan 3 adalah merupakan domain lulusan ilmu komputer. Karir jalur 1 dan
4 telah menelurkan jurusan baru dalam rekayasa perangkat lunak dan teknologi
informasi, masing-masing, dan sistem informasi lulusan sering mengikuti jalan
Karir 1 juga. Ilmuwan komputer terus mengisi posisi-posisi ini, tapi program
dalam rekayasa perangkat lunak, teknologi informasi, dan sistem informasi
menawarkan jalur alternatif untuk karir ini.
3.Information System ( Sistem Informasi ).
bersangkutan
dengan informasi bahwa sistem komputer dapat memberikan untuk membantu sebuah
perusahaan, non-profit atau organisasi pemerintah dalam mendefinisikan dan
mencapai tujuannya. Hal ini juga berkaitan dengan proses yang perusahaan dapat
menerapkan dan meningkatkan menggunakan teknologi informasi. IS profesional
harus memahami faktor-faktor baik teknis dan organisasional, dan harus dapat
membantu organisasi menentukan bagaimana informasi dan teknologi memungkinkan
proses bisnis dapat memberikan dasar untuk kinerja organisasi yang unggul.
4.Software Engineers ( Rekayasa Perangkat Lunak
).
Rekayasa perangkat lunak (SE) yang bersangkutan dengan
mengembangkan dan memelihara sistem perangkat lunak yang berperilaku andal dan
efisien, terjangkau untuk mengembangkan dan memelihara, dan memenuhi semua
persyaratan bahwa pelanggan telah ditetapkan untuk mereka. Hal ini penting
karena dampak besar, sistem perangkat lunak yang mahal dan peran perangkat
lunak dalam keselamatan-aplikasi.
Rekayasa
perangkat lunak berfokus pada pengembangan perangkat lunak dan melampaui
pemrograman untuk menyertakan hal-hal seperti memunculkan kebutuhan pelanggan,
dan merancang dan pengujian perangkat lunak. Siswa belajar SE bagaimana menilai
kebutuhan pelanggan dan mengembangkan perangkat lunak berguna yang memenuhi
kebutuhan tersebut.
IEEE
(Institute
of Electrical and Electronics Engineers) adalah sebuah organisasi profesi
nirlaba yang terdiri dari banyak ahli dibidang teknik yang mempromosikan
pengembangan standar-standar dan bertindak sebagai pihak yang mempercepat
teknologi- teknologi baru dalam semua aspek dalam industry dan rekayasa
(engineering),yang mencakup telekomunikasi,jaringankomputer,kelistrikan,
antariksa, danelektronika.
Tujuan
inti IEEE adalah mendorong inovasi teknologi dan kesempurnaan untuk kepentingan
kemanusiaan.Visi IEEE adalah akan menjadi penting untuk masyarakat teknis
global dan professional teknis dimana-mana dan dikenal secara universal untuk
kontribusi teknologi dan teknis yang professional dalam meningkatkan kondisi
perkembangan global. Standar dalam IEEE adalah mengatur fungsi ,kemampuan dan
interoperabilitas dari berbagai macam produk dan layanan yang mengubah cara
orang hidup, bekerja dan berkomunikasi.
Proses
pembangunan IEEE standar dapat dipecah melalui tujuh langkah dasar yaitu:
- Mengamankan Sponsor.
- Meminta Otorisasi Proyek.
- Perakitan Kelompok Kerja.
- Penyusunan Standard.
- Pemungutan suara.
- Review Komite.
- Final Vote.
Pesaing
utama ACM adalah IEEE Computer Society.
Perbedaan
antara ACM dan IEEE adalah, ACM berfokus pada ilmu komputer teoritis dan
aplikasi pengguna akhir, sementara IEEE lebih memfokuskan pada masalah-masalah
hardware dan standardisasi. Cara lain untuk menyatakan perbedaan yaitu ACM
adalah ilmuwan komputer dan IEEE adalah untuk insinyur listrik, meskipun
subkelompok terbesar adalah IEEE Computer Society.
ACM
memiliki empat “Boards“ yaitu:
- Publikasi.
- SIG Governing Board.
- Pendidikan.
- Badan Layanan Keanggotaan.
Rekayasa
Perangkat Lunak Kode Etik dan Profesional Praktek (Versi 5.2) seperti yang
direkomendasikan oleh ACM / IEEE-CS Joint Task Force on Software Engineering
Etika dan Profesional Praktek dan bersama-sama disetujui oleh ACM dan IEEE-CS
sebagai standar untuk mengajar dan berlatih perangkat lunak rekayasa. Versi
kode singkat merangkum aspirasi pada tingkat tinggi abstraksi tersebut; klausa
yang disertakan dalam versi lengkap memberikan contoh-contoh dan rincian
tentang bagaimana aspirasi ini mengubah cara kita bertindak sebagai profesional
rekayasa perangkat lunak. Without the aspirations, the details can become
legalistic and tedious; without the details, the aspirations can become high
sounding but empty; together, the aspirations and the details form a cohesive
code. Tanpa aspirasi, rincian bisa menjadi legalistik dan membosankan; tanpa
rincian, aspirasi dapat menjadi tinggi terdengar tapi kosong; bersama-sama,
aspirasi dan rincian bentuk kode kohesif.
Software
engineers shall commit themselves to making the analysis, specification,
design, development, testing and maintenance of software a beneficial and
respected profession. insinyur Perangkat Lunak harus berkomitmen untuk membuat
analisis, spesifikasi, desain, pengembangan, pengujian dan pemeliharaan
perangkat lunak dan dihormati profesi menguntungkan. In accordance with their commitment
to the health, safety and welfare of the public, software engineers shall
adhere to the following Eight Principles: Sesuai dengan komitmen mereka untuk
kesehatan, keselamatan dan kesejahteraan masyarakat, insinyur
perangkat
lunak harus mematuhi Delapan Prinsip berikut:
1.
PUBLIC – Software engineers shall act consistently with the public interest.
UMUM – Software insinyur harus bertindak secara konsisten dengan kepentingan
publik.
2.
CLIENT AND EMPLOYER – Software engineers shall act in a manner that is in the
best interests of their client and employer consistent with the public
interest. KLIEN dan majikan – Software insinyur harus bertindak dengan cara
yang adalah kepentingan terbaik klien mereka dan majikan yang konsisten dengan
kepentingan publik.
3.
PRODUCT – Software engineers shall ensure that their products and related
modifications meet the highest professional standards possible. PRODUK –
Software insinyur harus memastikan bahwa produk dan modifikasi yang terkait
dengan memenuhi standar profesional tertinggi mungkin.
4.
JUDGMENT – Software engineers shall maintain integrity and independence in
their professional judgment. PENGHAKIMAN – Software insinyur harus
mempertahankan integritas dan kemandirian dalam penilaian profesional mereka.
5.
MANAGEMENT – Software engineering managers and leaders shall subscribe to and
promote an ethical approach to the management of software development and
maintenance. MANAJEMEN – Rekayasa Perangkat Lunak manajer dan pemimpin harus
berlangganan dan mempromosikan pendekatan etis kepada manajemen pengembangan
perangkat lunak dan pemeliharaan.
6.
PROFESSION – Software engineers shall advance the integrity and reputation of
the profession consistent with the public interest. PROFESI – Software insinyur
harus memajukan integritas dan reputasi profesi yang konsisten dengan
kepentingan publik.
7.
COLLEAGUES – Software engineers shall be fair to and supportive of their
colleagues. Kolega – Software engineer harus bersikap adil dan mendukung
rekan-rekan mereka.
8.
SELF – Software engineers shall participate in lifelong learning regarding the
practice of their profession and shall promote an ethical approach to the
practice of the profession. DIRI – Software insinyur harus berpartisipasi dalam
belajar seumur hidup tentang praktek profesi mereka dan akan mempromosikan
pendekatan etis untuk praktek profesi.
IEEE
Indonesia Section berada pada IEEE Region 10 (Asia-Pasifik). Ketua IEEE
Indonesia Section tahun 2009-2010 adalah Arnold Ph Djiwatampu. Saat ini IEEE
Indonesia Section memiliki beberapa chapter, yaitu:
Communications
Society Chapter
Circuits
and Systems Society Chapter
Engineering in Medicine and Biology Chapter
Join Chapter of Education Society, Electron Devices Society, Power Electronics Society, Signal Processing Society
Joint chapter MTT/AP-S
Engineering in Medicine and Biology Chapter
Join Chapter of Education Society, Electron Devices Society, Power Electronics Society, Signal Processing Society
Joint chapter MTT/AP-S
Pada
tahun 1980 bulan ke 2, IEEE membuat sebuah bagian yang mengurus
standarisasi LAN (Local Area Network) dan MAN (Metropolitan Area Network).
Bagian ini kemudian dinamakan sebagai 802. Angka 80 menunjukkan tahun dan angka
2 menunjukkan bulan dibentuknya kelompok kerja ini.
Unit
Kerja dan bidang yang ditangani:
- 802.1 Higher Layer LAN Protocols Working Group
- 802.3 Ethernet Working Group
- 802.11 Wireless LAN Working Group
- 802.15 Wireless Personal Area Network (WPAN) Working Group
- 802.16 Broadband Wireless Access Working Group
- 802.17 Resilent Packet Ring Working Group
- 802.18 Radio Regulator TAG
- 802.19 Coexistence TAG
- 802.20 Mobile Broadband Wireless Access (MBWA) Working Group
- 802.21 Media Independent Handoftt Working Group
- 802.22 Wireless Regional Area Network
Wi-Fi
merupakan kependekan dari Wireless Fidelity, yang memiliki pengertian yaitu
sekumpulan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local
Area Networks – WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Standar
terbaru dari spesifikasi 802.11a atau b, seperti 802.16 g, saat ini sedang
dalam penyusunan, spesifikasi terbaru tersebut menawarkan banyak peningkatan
mulai dari luas cakupan yang lebih jauh hingga kecepatan transfernya.
Awalnya
Wi-Fi ditujukan untuk penggunaan perangkat nirkabel dan Jaringan Area Lokal
(LAN), namun saat ini lebih banyak digunakan untuk mengakses internet. Hal ini
memungkinan seseorang dengan komputer dengan kartu nirkabel (wireless card)
atau personal digital assistant (PDA) untuk terhubung dengan internet dengan
menggunakan titik akses (atau dikenal dengan hotspot) terdekat
Berikut
ini adalah sertifikasi Profesional dalam beberapa bidang berdasarkan yang
ditawarkan IEEE, yaitu :
Biometrik
profesional bersetifikat (Certificied Biometrics Profesional) :
Para
CBP IEEE menetapkan standar dasar pengetahuan dalam industri biometrik.
Individu yang lulus ujian IEEE CBP siap untuk menunjukkan bahwa mereka
memiliki tingkat kemahiran yang diperlukan untuk melakukan dalam suatu
cara yang kompeten dan efektif.
Asosiasi Pengembangan Perangkat Lunak ( Certificied Software Development Associate) :
Para profesional CSDA ditujukan untuk lulus insinyur perangkat
lunak dan entry-level perangkat lunak profesional dan berfungsi untuk
menjembatani kesenjangan antara pengalaman pendidikan dan dunia nyata
persyaratan kerja. Para CSDA adalah langkah pertama menuju menjadi
Software Bersertifikat Professional Development CSDP
Pengembangan Perangkat Lunak Profesional Bersertifkat ( Certificied Software Development Profesional ) :
Para profesional CSDP dimaksudkan
untuk karir tingkat menengah profesional pengembangan perangkat lunak yang
ingin mengkonfirmasi kemampuan mereka praktik pengembangan perangkat lunak
standar dan maju dalam karir mereka.
Rekayasa Teknologi Komunikasi Nirkabel ( Wireless Certificied Engineers Tecnology ) :
Para WCET membantu profesional nirkabel mendapatkan pengakuan
sebagai profesional yang memiliki pengetahuan yang diperlukan, keterampilan,
dan kemampuan untuk memenuhi tantangan hari ini dan nanti.
Sumber :
https://www.scribd.com/doc/201387198/MAKALAH-ETIKA-PROFESI
0 Komentar